Pencarian

Rabu, 17 September 2014

Bumdes Rambah Utama


Aset Bumdes Rambah Utama, Rohul, sudah Rp4,3 Miliar

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Rambah Utama, Kecamatan Rambahsamo, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terus berkembang. Dengan modal awal Rp430 juta, kini aset meningkat sekitar Rp4,3 miliar.

Direktur Utama Bumdes Rambah Utama, Jumakkir, menjelaskan Bumdes di desanya berdiri pada 2005 silam dengan modal awal Rp430 juga saat berstatus Usaha Ekonomi Desa - Simpan Pinjam (UED-SP).

"Bumdes kami sudah pernah mendapatkan satu kali penghargaan. Dari 77 Bumdes, Bumdes kami ranking tiga terbaik dalam Pelayanan Administrasi tingkat kabupaten," kata Jumakkir kepada wartawan, Selasa (26/8/14).

Jumakkir mengungkapkan, saat ini, aset bergulir dana Bumdes Rambah Utama sebesar Rp4,3 miliar. Meski usaha baru sebatas simpan pinjam, Bumdes ini berhasil menarik sekitar 620 nasabah.

"Untuk aset bangunan rumah Rp130 juta, rumah pekarangan Rp75 juta, dana kas Rp750 juta dan dana lain," jelas dia.

Meski dinilai sukses, yang namanya usaha simpan pinjam masih saja ada kendala. Untuk dana nasabah yang menunggak sekitar Rp150 juta, sedangkan laba usaha pada 2013 lalu sebesar Rp65 juta.

Bumdes Rambah Utama, kata Jumakkir, menargetkan nasabah masyarakat miskin dalam kekurangan usaha diberi pinjaman maksimal Rp20 juta. Sedangkan untuk pinjaman minimal Rp5 juta harus memenuhi persyaratan seperti KTP dan KK, sertifikat tanah atau SKT Tanah.

"Bunga yang kami terapkan hanya 1,5 persen. Bagi nasabah yang menabung juga tidak dikenai biaya administrasi," terangnya.

Pihak pengurus mengharapkan, Pemkab Rohul menyalurkan dana Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar 30 persen untuk Bumdes. Dengan adanya suntikan dana segar, baik dari Pemkab Rohul atau dana ADD, maka usaha desa bisa berkembang dalam upaya meningkatkan ekonomi kerakyatan.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan Saran Anda